Menebak Angka Secara Ajaib

Misalnya kalian sedang belajar kelompok. Ajaklah teman-temanmu bermain permainan ini.

Caranya:
1. Mintalah temanmu menuliskan sembarang bilangan yang terdiri dari tiga digit. Mintalah teman-temanmu mengalikanya dengan angka 999. Bilang pada temanmu untuk merahasiakan hasilnya.
2. Selanjutnya, mintalah temanmu menuliskan hasilnya pada kertas kemudian melingkari sebuah digit. Mintalah kawanmu menyebutkan semua digit hasil perkalian di atas kecuali, yang dilingkari secara acak.
3. Kemudian tebaklah angka yang dilingkari oleh temanmu.

Rahasianya:
Ketika temanmu menyebutkan digit-digit yang lain secara perlahan, lakukanlah perjumlahan angka-angka yang telah disebutkan dalam pikiran. Jumlah dari digit-digit tersebut harusnya selalu merupakan kelipatan 9 (9, 18, 27, dst.). Digit yang tidak terbaca (yang akan ditebak) merupakan satu angka yang menggenapi jumlah dari hasil perkalian agar hasil perjumlahan merupakan kelipatan 9.

Contoh:
Misalkan kawanmu menyebutkan angka 342. Hasil dari 342 x 999 = 341658. Misalkan dia melingkari angka 6. Selanjutnya dengan pelan dia menyebutkan digit yang tidak dilingkari. Ketika dia menyebutkan digit yang lain, lakukan penjumlahan. Hasilnya adalah 23. Ingat, kelipatan 9 setelah 23 adalah 27. Dengan demikian agar hasilnya 27, maka kita perlu menambahkan angka 6 pada 23. Jadi angka yang dilingkari adalah angka 6.
Mudah bukan? Coba dengan angka-angka lainya!

0 komentar:

Posting Komentar